Dengan adanya Gerbang Elektronik Masyarakat Desa (GEMA DESA) Kabupaten Kerinci urusan administrasi surat menyurat kini ada dalam genggaman, masyarakat bisa mengurus urusan surat menyurat dari manapun dengan mengakses https://gemadesa.kerincikab.go.id/. Untuk masyarakat yang belum tahu caranya bisa ikuti langkah berikut:
Sebelum mulai ke langkah awal siapkan dokumen yang diperlukan seperti KTP dan KK serta dokumen pendukung lainnya, dalam format PDF.
1.Buka browser melalui Laptop/HP akses link gema desa.
2. Pilih Desa tempat kita akan mengajukan surat

3. Pilih Jenis Surat yang ingin diajukan, untuk sementara ada 22 jenis surat yang bisa diajukan

4. kemudian isi data yang diperlukan

5. Isi Nomor Whatsapp yang nanti akan digunakan menerima surat yang telah selesai
![]()
6. lengkapi dokumen yang diperlukan
![]()
7. Pastikan data yang diisi sudah benar, centang cek box dan submit
![]()
Surat yang diajukan akan segera diproses oleh Sekretaris Desa atau Operator Desa, setelah selesai Surat akan langsung dikirimkan ke nomor WhatsApp yang telah di masukkan.

untuk melihat status proses surat yang kita ajukan bisa cek melalui menu Lacak Surat dengan memasukkan nomor registrasi, silakan donwload tanda bukti registrasi terlebih dahulu.

disini nomor registrasinya X8RV2D masukkan ke kolom yang telah disediakan conteng cek box dan lacak

kemudian akan muncul status pengajuan surat yang kita ajukan
![]()
Desa Mukai Mudik